Kamis, 17 September 2009

Mobil ciamik ESEMKA hasil kreasi anak SMK

20/05/2009

Posted by dwisudarnoputra in Oto News.

Mobil Esemka (sumber: detikoto.com)

Mobil Esemka (sumber: detikoto.com)

Hadir lagi sebuah mobil karya cipta anak negeri, kali ini sangatlah membanggakan karena pendevelopnya adalah siswa SMK. Dan karena itulah mobil ini dinamakan Esemka. Mesin mobil ini menggunakan mesin eks Timor berkapasitas 1500cc.

Berbeda dengan tampilan mobil nasional yang lain, Esemka hadir dengan body dan bentuk ciamik.”Ini adalah buah karya siswa-siswa SMK 1 Singosari Malang yang mereka kerjakan sendiri,” jelas Kepala Sekolah SMK 1 Singosari Malang H. Bagus Gunawan, salah satu SMK yang berperan dalam pembuatan mobil nasional Esemka ini ketika berbincang dengan detikOto, Rabu (20/5/2009).

Kesemua proyek Mobil Esemka yang dibuat para siswa SMK ini memiliki 5 jenis yakni SUV, pick up double cabin, sedan, pick up single cabin, dan van. SMK 1 Singosari Malang kebagian memproduksi pick up double cabin yang dinamakan Esemka Digdaya. Mobil lain dikerjakan oleh SMK lainnya.

Proyek ini sengaja dibuat dengan dorongan dari Depdiknas. Meski pembuatan bodi dan finishingnya masih hand craft namun hasilnya tidak kalah dengan mobil Pabrikan. Sangat membanggakan bukan? SMK lain yang berperan dalam pembuatan mobil Esemka ini antara lain SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Magelang Yogyakarta, untuk bodi dan desainnya.

Kemudian mesin dikembangkan oleh SMK 4 Negeri jakarta, dan SMK 1 Cobinong. “Mereka bekerja sama dengan PT AIKA (Autocar Industri Komponen),” ujar Staf Ditjen Pembinaan SMK Depdiknas Herdiana kepada detikOto.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar